Cara Cepat Memahami Pengertian Para Ahli

7:20 PM Robi Afrizan Saputra 0 Comments

Sebagian orang menghapal materi tentang pengertian para ahli sesuai dengan teks yang ada di buku. 

Saya mencoba memberikan sedikit tips bagaimana cara cepat memahami materi tentang pengertian para ahli dalam pelajaran-pelajaran di sekolah. 

Pada kesempatan ini saya mengambil contoh dari mata pelajaran Sosiologi, yaitu tentang globalisasi. Cara cepat ini sangat berguna bagi kita saat melakukan ulangan ataupun ujian yang bersifat objektif (pilihan ganda).

Pengertian globalisasi menurut para ahli :
1.      Selo Soemardjan
Globalisasi adalah terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia unutk mengikuti system dan kaidah-kaidah yang sama secara cepat terutama di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan komunikasi

2.      Achmad Suparman
Globalisasi adalah proses menjadikan sesuatu (benda atau perilaku) sebagai cirri setiap individu di dunia tanpa dibatasi oleh wilayah.

Dari dua pengertian diatas , kita dapat memahaminya secara cepat dengan mencari kata kunci dari defenisi tersebut. Kata kunci yang saya ambil adalah huruf yang ditebalkan.

Jika dalam soal ujian objektif ditanya pengertian globalisasi menurut Selo Soemardjan kita tinggal mencari pada obsen yang ada kata “Sistem Organisasi”nya. Usahakan dalam menentukan kata kunci , carilah kata kunci yang tepat dari setiap defenisi dan kata kuncinya berbeda dengan definisi ahli lainnya.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa follow twitter @robiafrizan1

You Might Also Like

0 komentar: