Cara Mudah Menjawab Pertanyaan Pada Soal Bahasa Indonesia

7:47 PM Robi Afrizan Saputra 0 Comments

Tips kali ini saya akan membagikan mengenai pelajaran bahasa Indonesia di sekolah. 

Dalam ujian yang bersifat pilihan ganda , sering kita temui pertanyaan-pertanyaan yang menanyakan tentang gagasan utama bacaan dan pikiran utama bacaan . Dalam menjawab pertanyaan seperti itu, kemungkinan besar jawabannya berada pada kalimat pertama pada bacaan tersebut.

Namun kita juga perlu mempertimbangkan pilihan lainnya, tetapi menurut saya 70% jawabannya berada pada kalimat pertama bacaan tersebut.

Seperti pada contoh berikut ini ;

"Pemanasan global menjadi masalah dan tantangan mendasar. Kita tidak harus menghindari karena pemahaman sikap dan jawaban kita terhadap perubahan ekologis itu menentukan peri kehidupan kita selanjutnya. Contohnya, jika kita dihadapkan pada jalan becek, kita akan mencari jalan menyisir. Langkah berikutnya, kita akan memperbaiki jalan becek tersebut. Jalan yang terendam air ke bandara, kita terobos dengan menggunakan perahu karet. Bahkan, masih harus ada tindak lanjutnya, yakni memelihara dan mengawasi lebih efektif kondisi jalan itu secara terus menerus."

Pikiran utama bacaan di atas adalah...
 a.      Langkah menyelesaikan suatu permasalahan
 b.      Pengawasan dan pemeliharaan jalan
 c.       Pengawasan terus menerus kondisi jalan
 d.      Pemanasan global
 e.       Kedewasaan kita menentukan langkkah selanjutnya.

Jawaban menurut saya ketika mengerjakan soal tersebut adalah “D”, setelah melihat kunci jawaban ternyata jawabannya memang “D”.

Begitupun dengan soal-soal lainnya yang menanyakan pertanyaan yang sama, kemungkinan besar jawabannya terletak pada kalimat pertama pada bacaan tersebut. Namun kita juga mesti melihat dan mempertimbangkan pilihan yang lain dengan membaca teks secara keseluruhan dengan hati-hati dan tidak ceroboh.

Penasaran? Follow SEKARANG Instagram @robiafrizan1 

You Might Also Like

0 komentar: