Robi Afrizan Saputra

14.40 Robi Afrizan Saputra 3 Comments


Robi Afrizan Saputra

Robi Afrizan Saputra. Lahir 24 tahun lalu di Sijunjung (Sumatera Barat). Masa kecil dihabiskannya di sana. Lulus SMA, ia merantau ke Bandung dan kuliah di Universitas Padjadjaran. Semasa kuliah, aktif di berbagai organisasi. Pernah diamanahi sebagai Menteri Akademik dan Penalaran BEM Unpad 2017, aktif di LDK Syamil Unpad, dan DKM Al-Mushlih di fakultasnya. Saat kuliah pernah mengemban status sebagai Mawapres FIB Unpad 2017 dan pernah mewakili Unpad untuk Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) ke-30 tahun 2017 di UMI Makassar. Tahun 2016, ia menjadi pemenang lomba penulisan cerpen tingkat Jawa Barat dan menjadi delegasi untuk Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) tahun 2016 di Universitas Halu Oleo, Kendari. Selain itu, ia juga menerima Beasiswa Aktivis Nusantara (angkatan 7) dari Dompet Dhuafa. Saat mahasiswa, ia sering diundang ke berbagai kampus/instansi untuk bedah buku, seminar nasional, workshop menulis, dan menjadi pemateri berbagai event.

Ia lulus dari Unpad dengan predikat cumlaude. Namun, ijazah cumlaudenya itu masih tersimpan rapi di lemari. Tidak digunakannya sama sekali sampai saat ini karena ia fokus membangun bisnis yang dirintisnya sejak tahun pertama perkuliahan dulu, yaitu @sarugobooks, sebuah toko buku online yang awalnya hanya menjual satu atau dua buku saja sebulan sampai bisa menjual ribuan eksemplar buku dalam sebulan. Selain itu, ia juga membangun @penerbitkhaira, sebuah penerbit buku indie yang dulu sempat diremehkan temannya dan kini telah menerbitkan puluhan ribu eksemplar buku. Kesukaannya pada menulis, membuat Robi mendirikan sebuah kelas menulis online profesional bernama project @nulisbarengrobi (IG). Hingga Juni 2020 sudah lebih dari 1.895 orang bergabung dari berbagai daerah dan terus bertambah tiap bulannya.

Sudah puluhan buku yang ditulisnya, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

- Sukses Sebelum Wisuda (Quanta, 2019)
- Mengangkasa Bersama ( Penerbit Khaira, 2019)
- Menyesali Masa Lalu, Memperjuangkan Masa Depan (Quanta, 2018)
- Ya Allah, Kenapa Hatiku Sering Gelisah (Quanta, 2018)
- 7 Langkah Jitu Pasti Bisa Menulis Buku (Sarugo Publishing, 2018)
- Masya Allah, Hidupmu Luar Biasa (Quanta, 2018)
Sedang Memperjuangkanmu (Sarugo Publishing, 2017)
- Saya Memilih Jomblo Fisabilillah (Quanta, 2017)
- Jangan Jadikan Masa Mudamu Sia-sia (Quanta, 2017)
- Road to Jannah (Genta Hidayah, 2017)
Jatuh Cinta Berjuta Rasanya (Tiga Serangkai, 2017)
- Memperbaiki Diri Sepenuh Hati (Mizania, 2016)
Berani Berhijrah, Berani Istiqamah (Quanta, 2016)
- Ayah dan Ibu Akan Selalu Ada Untukmu (Quanta, 2016),
- Maafkan Tuhan, Saya Pernah Pacaran (Quanta, 2015)
Dewasa, Cinta dan Bahagia (Quanta, 2015)
- Terlahir Optimis (Meta Kata, 2014)

Saat ini, Robi fokus membangun kariernya sebagai seorang penulis dan pengusaha (writerpreneur). Ia telah menikah dengan seorang perempuan Jawa dan dikarunia seorang anak laki-laki bernama Rayyan Khair Rabbani.

Moto hidupnya "Saat dirimu ada, sebelum dirimu tiada, pastikan hidupmu berlimpah makna!Ia bisa dihubungi melalui Instagram @robiafrizan1.

You Might Also Like

3 komentar: