Kisah Sabun dan Bakteri

5:53 AM Robi Afrizan Saputra 0 Comments




Dunia ini tak luput dari berbagai peristiwa yang silih berganti terjadi. Seiring bergantinya peristiwa demi peristiwa yang terjadi, banyak sekali nilai-nilai positif yang dapat kita pelajari dan kita ambil hikmahnya. Baik dari perisitiwa tersebut maupun dari subjek atau objek yang ada dalam peristiwa itu.
Sekarang penulis mencoba memaparkan sebuah kisah tentang sabun dan bakteri dan mudah-mudahan kita dapat mengambil hikmah dari kisah ini.
Sabun adalah sebuah benda yang digunakan oleh manusia untuk hal kebersihan. Setelah selesai beraktivitas pastilah manusia berkeringat dan dalam hal mutlaknya manusia pasti akan mandi setiap hari, yang biasa dilakukan adalah mandi pagi dan sore. Mandi merupakan sebuah aktivitas membersihkan tubuh dari segala macam kotoran, termasuk bakteri melalui media air dan sabun.
 Sabun adalah benda yang wangi dan tak pernah menolak ketika manusia menggunakannya untuk membersihkan hal-hal yang kotor. Walaupun sabun digunakan untuk membersihkan bakteri, ia tak pernah marah melainkan selalu memberikan kewangian didalam tubuh manusia. Sabun tak pernah melawan kepada manusia kenapa dia digunakan untuk hal-hal yang kotor. Sabun selalu ikhlas untuk menebarkan kewangian disetiap tubuh manusia.
Pesan positif yang dapat kita ambil dari kisah sabun dan bakteri adalah walaupun orang lain memberikan keburukan kepada kita, seperti mengejek , mencemo’oh , memfitnah dan hal-hal buruk lainnya kita jangan pernah membalasnya dengan keburukan. Balaslah dengan senyuman penuh keikhlasan dan berikanlah kebaikan kepadanya. Seiring berjalannya waktu, orang yang melakukan perbuatan buruk tadi akan merasa sadar terhadap dirinya sendiri. Namun lain halnya, jika kita balas dengan keburukan juga, pasti akan terjadi konflik diantara kedua belah pihak.
Coba bayangkan saja, jika sabun memberikan bau yang tidak sedap kepada manusia pastilah bakteri akan semakin banyak menghiasi tubuh manusia tersebut.
 Maka jadilah manusia yang menyadari diri sendiri dan tidak pernah berbuat keburukan kepada orang lain, melainkan saling menebar kewangian diantara sesama.

You Might Also Like

0 komentar: