Tips dan Triks dalam Menghadapi Olimpiade

6:23 AM Robi Afrizan Saputra 4 Comments

*Yang di tengah

Apa kabar sahabatku semua?

Semoga Allah memberikan nikmat sehatnya kepada kita dan jangan pernah lupa kita untuk mensyukuri nikmat yang telah diberikan-Nya.

Sudah lama penulis tidak ngeblog lagi nih, kali ini penulis mencoba membagikan sedikit pengalaman penulis dalam mengikuti olimpiade dan perlombaan akademis lainnya. Olimpiade disini yang dimaksud adalah perlombaan mata pelajaran bukan olimpiade olahraga.

Mari langsung saja kita simak, bagaimana cara menghadapi olimpiade yang dapat membuat kita menjadi pemuncak dalam perlombaan tersebut :

1. Mempersiapkan diri
Semua yang akan kita lakukan perlu sebuah persiapan. Persiapan yang kita lakukan adalah sedikit gambaran hasil yang akan kita terima. Jika kita mempersiapkan hanya dengan sedikit persiapan, ya otomatis hasil yang didapatkan tidak akan maksimal karena peserta lain mempersiapkannya dengan semaksimal mungkin.

2. Datanglah lebih awal
Maksudnya adalah, datanglah kita lebih awal dari waktu yang telah ditentukan. Setidaknya satu jam sebelum perlombaan dimulai. Ini dimaksudkan untuk membiasakan diri kepada lingkungan sekitar perlombaan dan agar bisa tenang karena telah mengenal lingkungan kita. Selain itu kita juga bisa mempersiapkan segala keperluan alat tulis. Jika kita datang terlambat, tentu saja akan terburu-buru dan akan tidak tenang dalam menghadapi ujian..

3. Kerjakanlah yang kita bisa
Maksud dari point tiga ini menyuruh untuk mendahului menjawab pertanyaan yang mudah. Dalam soal-soal olimpiade biasanya terdapat tiga kategori soal, yaitu soal mudah 50% , soal menengah 30% dan soal sulit 20%. Jadi jawablah pertanyaan yang kita anggap mudah terlebih dahulu.

4. Perhatikan mekanisme penilaian.
Sebenarnya inilah point utama yang akan penulis sampaikan. Dalam pengalaman yang telah penulis dapatkan selama mengikuti perlombaan , kebanyakan dari perlombaan menggunakan sistem plus dan minus. Jika benar +4 , salah -1dan jika tidak menjawab 0. Sebaiknya dalam menjawab soal , jawablah dan isilah jawaban yang paling benar. Jika terdapat keraguan, penulis sarankan jangan menjawabnya karena mekanisme menggunakan sistem plus dan minus.
Sedikit gambaran yang penulis berikan berdasarkan pengalaman, dalam 100 soal penyisihan olimpiade, untuk masuk ke babak berikutnya, cukup jawab yang jawabannya dipastikan untuk benar setidaknya jawablah 50 soal, karena dalam pengalaman penulis, 45-50 soal yang dijawab dengan benar InsyaAllah akan mengantarkan kita kepada babak selanjutnya.
Jangan jawab terlalu banyak jika itu penuh dengan keraguan, ingatlah mekanisme penilaiannya.

5.Tawakal dan Berdo'alah
Ketika segala upaya dan usaha telah kita berikan. Sekarang waktunya untuk bertawakkal dan berdo'a kepada Allah SWT. Sebenarnya keputusan bukan terletak pada dewan juri melainkan terletak pada Allah SWT.

Namun, ketika kita tidak dapat lolos ke babak selanjutnya, jangan bersedih hati dan putus asa, sebenarnya itulah keputusan Allah yang terbaik untuk kita dan yakinlah Allah mempersiapkan rencana indahnya. 

Keadaan seperti ini telah penulis rasakan, ketika penulis tidak lolos ke final dalam sebuah perlombaan tingkat provinsi hanya sampai di semi final saja, seminggu berikutnya penulis diizinkan oleh Allah untuk mengikuti event tingkat nasional. Luar biasa hebatnya rencana yang Allah tentukan untuk kita. 

Dan ingatlah "Ketika kita telah berusaha, tetapi belum mendapatkan hasil yang maksimal setidaknya kita telah memberikan yang terbaik"

Sekian tips dan triks dalam menghadapi olimpiade yang penulis berikan. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Penasaran? Follow SEKARANG Instagram @robiafrizan1 

You Might Also Like

4 komentar:

  1. terimakasih kak.. sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  2. Makasih kak motivasinya, ngedukung banget:) doain ka, semoga aku bisa kaya kaka2 terdahulu yang pernah ikut olimpiade.

    BalasHapus
  3. Hmmm.. Patut di tekuni tip yg satu ini. Makasih mas atas Tipsnya :D

    BalasHapus