Pidato Lingkungan Hidup

3:55 AM Robi Afrizan Saputra 0 Comments

Halo sahabat blogger semua.
Berhubung saat sekarang suatu classmeeting , kebetulan sekolah saya ngadain lomba pidato tentang lingkungan hidup nih dan teman-teman kelas saya mengamanahkan kepasa sebagai perwakilan dari kelas.
Pidatonya sudah selesai saya bawakan, bagi teman-teman yang ingin melihat naskah pidato saya , nih dibawah. Yuk cekidot.

SIKAP APATIS DAN AROGANSI TERHADAP LINGKUNGAN HIDUP
Oleh Robi Afrizan Saputra

Assalamu’alaikum wr wb

Hadirin yang berbahagia.

Manusia disetiap belahan bumi ini , khususnya seantero nusantara dipastikan memiliki nilai-nilai yang mendarah daging pada pribadinya. Nilai yang mendarah daging yang saya maksudkan disini adalah nilai kesadaran diri dalam mencintai lingkungan hidupnya.

Cinta berarti adanya kasih dan sayang serta harus dilandasi dengan rasa setia. Begitupun dengan cinta terhadap lingkungan hidup, kita terhadap lingkungan hidup harus saling mengasihi dan menyayangi. Secara nyata saja, lingkungan sangat mencintai kita. Buktinya, pohon-pohon yang hidup di bumi  ini , tidak lain tidak bukan hanya hidup untuk manusia. Untuk memberikan udara segar dan sehat kepada setiap manusia. Lantas bagaimana dengan kita? Apakah kita telah mencintai lingkungan hidup ? Apakah kita telah memberikan kasih dan sayang kepadanya? Dan apakah kita setia untuk menjaganya?

Hadirin yang terhormat.

Lingkungan yang tulus mencintai kita seharusnya kita juga mesti  tulus mencintainya dengan menjaga semaksimal mungkin. Sesuai dengan prinsip balas budi. Pribadi saya sendiri merasakan bahwa masih kurangnya kepedulian kita terhadap lingkungan hidup. Hanya sebagian orang yang mampu mencintai lingkungan hidup. Sebagiannya lagi, seolah-olah sombong dan merasa dirinya mampu bernafas tanpa adanya udara bersih dari pepohonan. Sikap apatisme dan arogansi terhadap lingkungan hidup  yang ada disetiap jiwa-jiwa manusia harus segera dibasmi secara habis. Ibarat membasmi hama yang merusak lingkungan hidup. Lalu, bagaimana cara membasmi hama apatisme itu? Kembali lagi kepada pribadi kita masing-masing.

Hadirin yang saya muliakan.

Islam telah menetapkan bahwa manusia dibumi harus menjadi khalifah. Khalifah disini maksudnya adalah yang mampu menjaga lingkungan hidup. Jika kesadaran bahwa islam mengajarkan  pribadi kita harus menjadi seorang khalifah ! Sudah dipastikan setiap manusia mampu menjaga lingkungan hidupnya. Tapi, kesadaran itulah yang masih kurang !

Hadirin yang berbahagia.

Lalu, bagaimana dampak negative dari sikap manusia yang tidak mampu menjaga lingkungannya ini. Saya mengambil contoh kecil saja, yaitu bencana banjir. Menurut saya banjir disebabkan oleh ulah tangan manusia, yaitu membuang sampah sembarangan. Sebenarnya sampah yang dibuang manusia dapat didaur ulang kembali menjadi barang-barang bermanfaat. Sampah plastic saja misalnya, jika dibuang sembarangan sampah ini sangat sulit untuk terurai. Jika sampah tidak terurai maka lapisan pedosfer akan rusak. Jika manusia mendaur ulang sampah, tidak hanya lingkungan yang terlindungi tetapi dompetnya pun bisa terisi.

Hadirin yang terhormat.

Sudah selayaknya kita menyadari salah satu cara mencintai lingkungan hidup yaitu dengan memaknai dan mengaplikasikan prinsip 3 R menurut ilmu biologi. Prinsip 3 R itu adalah Reduce (mengurangi), reuse (memakai kembali) dan recycle (mendaur ulang). Kami dari kelas XII IPS 2 telah mengaplikasikan salah satu cara efektif menjaga lingkungan hidup ini yaitu memakai prinsip REUSE yaitu prinsip memakai kembali barang-barang yang belum rusak dan tidak membuangnya. Contohnya adalah, daftar pelajaran. Daftar pelajaran dikelas kami itu adalah daftar pelajaran yang dibuat oleh alumni tahun lalu. Dengan mempertimbangkan biaya dan dampak yang timbul jika dibuang, maka kami memutuskan untuk memakai kembali daftar pelajaran tersebut dengan menukar tempatkan mata pelajaran terkini.

Selain itu, bukti bahwa kami mencintai lingkungan hidup adalah disaat kelas XI lalu, kami menanam pohon pisang dibelakang kelas. Pisang yang kami tanam dahulu telah berbuah dan akan memberikan manfaat kepada kita semua.

Jadi, mulailah dari saat ini untuk mencintai lingkungan hidupmu. Komitmenkan hatimu untuk menjaganya.

Berkata bijak itu baik tetapi lebih baik bertindak bijak !

Wassalamu’alaikum wr wb

Demikianlah naskah pidato yang saya bawakan pada lomba pidato lingkungan hidup pada acara classmeetiing kemarin. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Yuk follow twitter @robiafrizan1

You Might Also Like

0 komentar: