Sajak-sajak Terakhir

12:14 PM Robi Afrizan Saputra 0 Comments

16 Juli kemarin hari diumumkannya hasil SBMPTN (ujian tulis masuk PTN) 2014. Seluruh siswa-siswi kelas tiga SMA yang tidak lulus SNMPTN (jalur masuk perguruan tinggi melalui seleksi nilai rapor) mengabadikan hari Rabu, 16 Juli, sebagai hari penuh kenangan. Pahit atau maniskah hari itu?
Ada yang lulus. Ada yang meraung hingga langit ketujuh, tahu bahwa usahanya masih kurang dan tidak lulus.

Bagiku, Allah berikan kado terbaik. Alhamdulillah aku lulus di Universitas Padjadjaran. Fakultas Ilmu Budaya dengan jurusan Sastra Indonesia. Itu adalah pilihan kedua saat ujian SBMPTN. 

SBMPTN 2014 membolehkan setiap peserta memilih tiga pilihan. Pilihan satuku, Sastra Indonesia , Universitas Indonesia. Pilihan dua, Sastra Indonesia, Universitas Padjadjaran dan pilihan tiga adalah Bahasa & Sastra Indonesia , Universitas Diponegoro.

Aku minat sekali dengan sastra. Cita-citaku adalah Writerpreneur. Penulis dan pengusaha. Berwirausaha dibidang sastra. Suatu saat nanti aku akan memiliki sebuah perusahaan bidang penerbitan buku. Aamiin.

Sengaja aku memilih ketiga pilihan SBMPTN di luar Sumatera Barat, kampung halamanku ini. Alasannya, aku ingin merantau. Mencoba berjuang di negeri orang. Menjadi manusia tegar.Kuat. Tangguh dan mampu berdiri sendiri. Itu alasanku melabuhkan ketiga pilihan di Pulau Jawa. Pulau terpadat Indonesia.

Ohiya, aku dulu juga ikut SNMPTN 2014. Salah satu jalur masuk perguruan tinggi negeri melalu seleksi nilai rapor. Yang aku pilih saat SNMPTN 2014 adalah Universitas Brawijaya dengan jurusan Ilmu Komunikasi dan Perencanaan Pembangunan. Saat pengumuman kelulusan SNMPTN 2014 tiba. Apa yang terjadi? Aku tidak lulus.
Tentu kecewa dan sedih sekali. Namun itu hanya sebentar. Tekadku membara, masih ada jalur lain menuju Pulau Jawa. Salah satunya SBMPTN nanti dan aku harus berjuang! Kita tidak boleh putus asa. Tidak boleh larut dalam kesedihan. Tidak boleh menyerah. Harus selalu berjuang.

Untuk mengikuti ujian SBMPTN 2014 aku mengikuti bimbingan belajar di Kota Padang. Aku memilih Bimbingan Belajar Nurul Fikri. Alasannya adalah lembaga yang kompeten, profesional dan islami. Tentor atau pengajarnya berpenampilan baik. Berjilbab. Sopan dan santun. Saat bimbel aku dapat beasiswa. Alhamdulillah gratis bimbingan belajar hingga selesai. Untuk adik-adik kelas yang membaca tulisan ini, saranku jika bimbel nanti, pilihlah Nurul Fikri. InsyaAllah membantu untuk mengikuti ujian masuk perguruan tinggi negeri nanti.

Pembaca setia blogku ini.Minggu, 3 Agustus 2014 adalah hari minggu terakhirku di rumah, di Sijunjung dan di Sumatera Barat. Sabtu besok, 9 Agustus 2014, InsyaAllah aku akan berangkat menuju Bandung, Jawa Barat. Dengan harapan, aku meminta doa agar kita selalu diberi keselamatan oleh Allah dimanapun berada.

Untuk sahabatku, teman-temanku, orang-orang yang mengenalku, pembaca setia blog ini. Jika ada kesalahan yang pernah aku perbuat. Mohon dimaafkan. Jika ada hal-hal yang menyangkut keuangan masih belum aku lunasi. Dapat kiranya, hubungi aku lewat blog ini atau fanspage facebookku. 

Mohon doanya, agar Allah selalu melindungi kita. 
Aamiin

Sijunjung, 3 Agustus 2014
Robi Afrizan Saputra

You Might Also Like

0 komentar: