Anjuran Makan dan Minum dengan Tangan Kanan

4:40 PM Robi Afrizan Saputra 0 Comments

Telah canggihnya zaman, modernnya teknologi dan manusia telah berubah dengan gaya kekiniannya. Semakin hari manusia semakin mengikuti alur kecanggihan. Termasuk adalah kita, barangkali sang pembaca ini dan saya sebagai penulisnya. Tidak luput dari lupa dan khilaf yang bahkan disengaja.

Telah kurang pemahaman mengenai ilmu-ilmu agama. Sedangkan ilmu agama adalah penting. Orang-orang yang berilmu juga akan ditinggikan oleh Allah beberapa derajat.

Dalam tulisan ini, saya hanya ingin berbagi dan saling mengingatkan diantara kita. Sekaligus mengingatkan untuk diri saya sendiri bahwa memasukkan makanan ke dalam mulut dengan tangan kanan adalah anjuran dalam Islam. Sesekali memasukkan makanan dengan tangan kiri adalah tidak baik kiranya.

Sebagai dasar bagi kita adalah hadist di bawah ini :

“Jika seseorang di antara kalian makan, maka hendaknya dia makan dengan tangan kanannya. Jika dia minum maka hendaknya juga minum dengan tangan kanannya. Karena setan makan dengan tangan kirinya dan  minum dengan tangan kirinya pula.” (HR. Muslim no. 3764)

Jika kita belum mengetahui ajaran ini sebelumnya. Tidak apa-apa. Jika sudah mengetahui, alangkah baiknya kita senantiasa minum dan makan dengan menggunakan tangan kanan.

 Mari bersama-sama, kita memperdalam pengetahuan dan ilmu keagamaan. Saling menasihati dan mengingatkan. 

Semoga bermanfaat untuk diri saya sendiri dan pembaca yang budiman.

Terimakasih

Selasa, 14 Oktober 2014
16 : 39 Wib

Ditulis di Teras Abu depan Gedung C Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran.

You Might Also Like

0 komentar: