Menjadi Luar Bisa, Mesti Berkebiasaan yang Luar Biasa juga

10:50 AM Robi Afrizan Saputra 0 Comments

sumber gambar: http://umustlucky.blogspot.co.id


Banyak orang yang hari-harinya biasa saja, itu semua dikarenakan tindakan atau kebiasaannya yang juga biasa-biasa saja. Untuk menjadi luar biasa kita mesti keluar dari garis kenyamanan. Memberanikan diri untuk bertindak yang luar biasa, agar memang hasil yang didapatkan juga hasil yang luar biasa juga.

Singkatnya, untuk menjadi pribadi yang luar biasa, kita mesti bertindak luar biasa, memiliki pola pikir yang luar bisa, dan mempunyai kebiasaan-kebiasaan yang luar biasa juga.

Dalam buku Model Manusia Muslim Abad XXI karya M. Anis Matta dijelaskan bahwa ada 12 kebiasaan luar biasa yang harus dilakukan oleh manusia luar biasa. Namun saya meringkas dan memadatkannya kembali menjadi empat kebiasaan hebat yang harus kita lakukan.

Lantas, apa saja kebiasaan-kebiasaan hebat yang harus dilakukan agar kita menjadi pribadi yang luar biasa?

1. Sediakan lebih banyak waktu untuk membaca dan sediakanlah waktu 15 menit untuk memikirkan dan mengendapkan bacaan Anda.

Setiap bacaan yang kita baca akan memengaruhi pola pikir kita. Mau tidak mau kita mesti membaca. Karena hanya dengan membaca pengetahuan kita bisa bertambah luas. Lihatlah orang-orang hebat di luar sana yang cakap dalam orasi, lancar pembicaraannya, dan tidak gugup saat tampil di depan umum. Mereka itu banyak membaca dan biasanya membaca apapun bacaan yang dihadapkan pada mereka.

Dan hal yang paling pentingnya lagi adalah mengendapkan atau memikirkan kembali bacaan yang telah dibaca itu. Jangan sampai membaca hanya sekadar membaca. Kita tak paham dan tak tahu ilmu apa yang disampaikan oleh buku yang dibaca. Rugilah jika memang kita membaca hanya sekadar membaca. Ketika seminggu setelah membaca, orang menanyakan kembali bacaan kita tersebut. Lah, kita malah bengong, tak paham dan pura-pura lupa. Jangan begitu! Jika telah selesai membaca suatu bacaan, endapkan dan pikirkanlah apa yang dibaca itu agar memang bacaan yang kita baca nyangkut di otak dan kita pun paham.

2. Luangkan waktu selama 20 menit dalam sehari untuk menyendiri dan merenung.

Kenapa kita mesti menyendiri dan merenung?

Karena dengan menyendiri dan merenung kita akan tahu apa yang akan kita lakukan hari itu. Kita akan tahu kebaikan-kebaikan apa yang akan kita lakukan. Kita pun akan tahu hal-hal apa yang tidak boleh lagi kita lakukan (red: kesalahan kemarin).

Kemudian, jika kita merenung dan menyendiri di penghujung hari (sebutlah malam), maka kita akan bisa mengintrospeksi apa saja yang telah kita lakukan pada hari tersebut. Sebab introspeksi itu penting, agar kita sadar atas kesalahan-kesalahan yang telah dilakukan.

3. Pertahankan stamina spiritual Anda dengan ibadah-ibadah yang harus rutin dilakukan.

Standar minimal ibadah rutin yang harus kita lakukan adalah:
a. shalat berjamaah di masjid.
b. shalat sunnah rawatib minimal 10 rakaat.
c. shalat malam (tahajud dan witir)
d. membaca Al - Qur'an sejuz atau setengah juz atau seberapa pun yang kita bisa. Karena hakikat membaca Al - Qur'an bukanlah pada waktu luang, tetapi kita mesti meluangkan waktu untuk membacanya.
e. spesialkan suatu waktu untuk ibadah yang lebih maksimal kepada Allah. Misalkan pada hari A, kita mesti beristighfar 1000 kali, mesti membaca Al - Qur'an dua juz, mesti bersedekah dengan maksimal atau lainnya.

Ibadah itu akan membuat hati menjadi tenang, damai, dan tenteram. Lakukanlah segalanya dengan niat ikhlas karena Allah Ta'ala.

4. Luaskan pergaulan, perbanyak relasi.

Memperbanyak relasi (hubungan) itu penting. Jangan menjadi manusia kuper (kurang pergaulan). Jika kita mempunyai banyak relasi (kenalan) maka pengetahuan kita pun akan bertambah luas. Semakin luas pengetahuan yang kita miliki, maka semakin merasa bodohlah kita.

Betapa tidak, jika kita punya kenalan yang sudah bisa berkarya dan membanggakan nama Indonesia di luar negeri. Lah, kita berprestasi di dalam negeri pun belum bisa.

Banyaknya kenalan atau relasi yang kita miliki, maka akan memotivasi kita untuk berbuat baik lebih banyak lagi.

Nah, kira-kira empat poin di atas mesti kita terapkan sekarang juga dalam kehidupan sehari-hari. 

Bahwa jika kita ingin  menjadi pribadi yang luar biasa, maka kita mesti bertindak luar biasa juga!
Mau tidak mau, kita mesti meyakini hal tersebut.

You Might Also Like

0 komentar: