Tips Cerdas Hadapi SBMPTN 2018

2:08 PM Robi Afrizan Saputra 2 Comments

"Sekarang tidak boleh lagi malas-malasan. Anda mesti giat dan bersungguh-sungguh demi mendapatkan satu bangku kuliah di universitas impian itu."

Untuk teman-teman yang saat ini sedang belajar di SMA atau setingkatnya, terkhusus yang kelas XII. Beberapa jalur ujian masuk perguruan tinggi antara lain adalah jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri.

Salah satu nomor di atas adalah nomor ujian SBMPTN saya tahun 2014 yang lalu.


Kali ini, saya akan membahas bagaimana tips cerdas untuk menghadapi ujian SBMPTN 2016 nantinya. Sebelumnya, SBMPTN adalah singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Untuk informasi lebih lengkapnya, teman-teman bisa baca di website resmi www.sbmptn.or.id

Berikut tips cerdas yang bisa teman-teman terapkan menjelang dan saat melaksanakan ujian SBMPTN nanti:

Pertama, kini tak ada lagi waktu untuk malas-malasan.

Penyakit yang sering menimpa para anak muda (anak sekolahan) saat ini adalah serba malas. Ngapain aja selalu malas. Bikin tugas selalu ditunda-tunda dan yang paling miris, tugas yang harusnya dikerjakan di rumah malah dibikin di sekolah. Saat ini, tak boleh lagi malas-malasan. Singkirkan dan buah jauh-jauh penyakit malas itu, terkhusus untuk Anda yang saat ini kelas XII di SMA/setingkatnya.

Bayangkan, sebentar lagi Anda akan lulus SMA dan akan kuliah. Untuk mendapatkan satu bangku kuliah itu begitu penuh perjuangan loh! Coba renungkan, berapa ratus ribu siswa kelas XII se-Indonesia yang akan bertarung memperebutkan bangku kuliah di universitas impian mereka? Begitu ketat persaingannya. Kini tak boleh lagi malas-malasan, masih ada waktu untuk mempersiapkan masa depanmu. Masih ada waktu bagimu untuk mempersiapkan diri ujian SBMPTN nantinya. Jika saat ini Anda masih sering terbuai oleh rayuan gadget dengan segala aplikasinya, mulailah untuk menguranginya. Perbanyaklah membaca buku dan membahas segala jenis soal-soal. Ga boleh lagi malas-malasan kalau memang Anda ingin benar-benar kuliah di universitas impian itu!

Kedua, pilihlah jurusan yang sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuanmu.

Saat ingin mengisi formulir dan pilihan jurusan pada website SBMPTN nantinya. Saya sarankan, teman-teman mesti memilih jurusan yang benar-benar sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan masing-masing. Karena dunia perkuliahan itu begitu berbeda dengan dunia SMA. Sebagai contoh, Anda ingin tetap memilih jurusan Akuntansi, benar-benar ingin sekali, namun kemampuan Anda dalam berhitung masih begitu kurang dan bahkan tidak teliti. Walau nantinya Anda lulus di jurusan itu, saya yakin Anda tidak akan merasa betah dan tak akan nyaman saat kuliah. Nah begitulah dalam memilih jurusan nantinya. Coba pilihlah jurusan yang benar-benar sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan masing-masing. Tujuannya agar nanti ketika lulus di jurusan itu, Anda bisa kuliah dengan nyaman, tanpa beban, dan tidak tertekan.

Ketiga, tetap jaga kesehatanmu.

Ini salah satu aspek paling penting untuk diri kita. Jangan sampai H-1 atau pada hari H kesehatan kita menurun. Sudah pasti jika tetap dipaksakan untuk ikut ujian tidak akan maksimal hasilnya. Maka dari itu, mulailah dari sekarang untuk menjaga kesehatannya. Bagaimana pun cara Anda menjaganya. Yang jelas, kita mesti berusaha mengantisipasi agar nanti di waktu ujian dalam kondisi yang maksimal.

Keempat, cermat dengan sistem penilaian.

Poin keempat ini banyak mereka yang kecolongan karena tak paham dengan sistem penilaian. Teman-teman mesti paham bagaimana sistem penilaian ujian SBMPTN. Karena untuk melaksanakan ujiannya kita mesti menyusun strategi sebaik mungkin agar hasil maksimal bisa kita raih.

Ingatlah bahwa untuk sistem penilaian, jika jawaban benar maka kita akan mendapatkan point +4, jika salah -1, dan jika tidak dijawab pointnya 0.

Nah perlu strategi khusus untuk menjawab soal-soal ujian nantinya. Saya sarankan, ketika ujian jawablah soal termudah terlebih dahulu. Jangan jawab soal yang ribet dan rumit dan jawabannya masih kita ragukan. Jawablah soal yang kita rasa mudah dan yakin benar. Begitu sampai soal terbaca semuanya. Jika sudah terjawab semua soal yang Anda rasa mudah, maka beralih ke soal tingkatan kedua jika memang waktu masih tersisa. Intinya, cobalah buat strategi sebaik mungkin agar hasil maksimal bisa Anda raih. Ingat, sistem penilaiannya tadi! Jika benar +4, jika salah -1, dan jika tidak dijawab 0. Tetap ikuti perkembangan sistem penilaiannya di website resmi www.sbmptn.or.id

Kelima, lalu saatnya Anda berserah diri.

Saat ujian telah dilaksanakan dan Anda pun telah mengerjakan dengan sebaik-baiknya. Saatnya Anda untuk berserah diri kepada Allah, bertawakal dan memperbanyak doa agar hasil akhir bisa Anda dapatkan dengan maksimal. Percayalah bahwa hasil akhir bergantung dengan seberapa besar usaha yang Anda lakukan. Jangan lupa minta doa juga kepada kedua orang tua dan keluarga-keluarga Anda. Karena kita tidak tahu doa siapa yang akan dikabulkan oleh Allah.

Oh iya, bagaimana pun keadaan Anda, Anda mesti tetap jujur melaksanakan ujiannya!

Juga datanglah lebih awal saat hari pelaksanaan ujian agar Anda tidak terburu-buru dan bisa beradaptasi dengan ruang kelas atau lingkungan tempat Anda ujian nantinya.

Ini ruang ujian SBMPTN saya dulu tahun 2014 di UNAND Padang, Gedung F Lantai 2.


Begitulah tips cerdas dalam menghadapi SBMPTN yang disajikan dalam blog ini. Semoga bermanfaat dan semoga Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal nantinya. Jangan lelah dan jangan menyerah!


*Saya dulu mengikuti Ujian SBMPTN tahun 2014 di Padang dan kini Alhamdulillah sedang menempuh pendidikan di Universitas Padjadjaran. Bagi yang memilih Universitas Padjadjaran, saya tunggu di sini. Semoga berhasil!

Dokumentasi saat selesai melaksanakan Ujian SBMPTN 2014 pada tanggal 17 Juni 2014 yang lalu.

*Silakan follow twitter dan instagram saya di @robiafrizan1

You Might Also Like

2 komentar:

  1. terima kasih infonya
    ini yang dicari info pendaftaran sbmptn tahun ini
    artikel sip

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama. Semoga berhasil. Salam kenal :)

      Hapus