Presiden dan Rakyat: Sama-sama berjuang!

5:34 AM Robi Afrizan Saputra 0 Comments


Hiruk-pikuk pemilihan presiden pada tahun 2014 masih terngiang-ngiang hingga saat ini. Bagaimana kedua calon sama-sama berjuang memenangkan hati rakyat Indonesia. Berbagai teknik dan cara kampanye dilakukan. Melalui spanduk-spanduk di jalanan hingga janji-janji kampanye mereka dipertontonkan di media-media nasional. Semua itu baik. Sebab, janji adalah harapan. Harapan untuk memulai kisah yang baru. Tentu, kisah yang lebih baik lagi ke depannya.

Pada saat ini sudah berjalan lebih kurang tiga tahun masa kepemimpinan presiden terpilih. Saya yakin, sudah banyak hal-hal baru yang terealisasikan. Sudah banyak sistem-sistem baru yang lebih baik lagi dijalankan di dalam roda pemerintahan. Walau masih ada celah-celah yang mesti dievaluasi dan harus diperbaiki. Namun, celah-celah ini bukanlah sebuah ancaman. Melainkan peluang untuk mengevaluasi dan bertumbuh lebih tinggi lagi.

Kini saatnya rakyat Indonesia bersikap seperti layaknya pahlawan. Jangan lagi saling menyalahkan. Jangan lagi saling menjatuhkan. Kini saatnya untuk saling mendukung dan memperjuangkan. Sebab, cita-cita bersama untuk mewujudkan Indonesia yang lebih sejahtera (dan bahagia) harus diwujudkan bersama-sama. Tidak bisa dilakukan dengan perjuangan individu. Kita bersama harus bangkit dan bergandengan tangan. 

Inilah yang sejatinya pemimpin. Presiden adalah pemimpin bagi rakyatnya. Rakyat adalah pemimpin bagi dirinya sendiri. Keduanya mesti sama-sama mengendalikan diri. Sering-sering mengevaluasi agar i'tikad untuk menjadikan bangsa lebih baik lagi benar-benar terwujud dan terealisasi. 

Inilah kepemimpinan yang strategis. Pemimpin yang berjuang dengan nurani. Rakyat yang mendukung dengan sepenuh hati.

Indonesiaku, belum lama ini kembali ber-dirgahayu. Selamat datang di usia 72 tahun. Semoga kita sebagai bangsa terus tergerak untuk menjadi agen-agen pelopor perubahan dalam bagaimana pun keadaan. Kita mesti sama-sama optimis bahwa Indonesia bisa menjadi bangsa yang benar-benar merdeka di atas pondasi sendiri.

#SLT2017 #BAKTINUSA #kepemimpinanstrategis 

You Might Also Like

0 komentar: