Belajar Tumbuh Dewasa

2:13 PM Robi Afrizan Saputra 0 Comments


Pangdam Unpad

Tampaknya kita perlu belajar lebih dewasa untuk saling menghargai. Agar tak ada hati yang luka, agar tak ada jiwa yang kecewa. Sebab, masing-masing di antara kita tentulah berbeda-beda.

Ada yang ingin lulus cepat dari masa studinya di kampus. Sebab, ada target dan rencana lain yang ingin disegerakannya selepas wisuda nantinya.

Ada yang menunda lulusnya sejenak. Sebab, ada alasan penting yang memang diprioritaskannya terlebih dahulu. Mengembangkan bisnis, memperluas relasi dengan kontribusi di organisasi, atau perihal lain yang tidak perlu kita perdebatkan tentunya.

Ada yang di kampus memilih untuk aktif di banyak organisasi yang menyebabkan jadwalnya selalu padat. Itu juga tak apa. Tentu mereka yang memilih jalan itu ada alasannya tersendiri juga. Atas semua yang dilakukannya. Atas apa-apa yang diperjuangkannya.

Ada juga yang di kampus full kuliah. Fokus akademik. Tidak satu pun ikut organisasi. Mungkin juga mereka punya alasan yang membuatnya untuk melakukan itu. Tentu alasan-alasan yang mereka sampaikan adalah alasan-alasan yang penuh dengan pertimbangan. Tidak juga perlu kita membicarakannya di belakang.

Ada juga yang di kampus lebih banyak waktunya dialokasikan untuk kegiatan-kegiatan sosial masyarakat. Hingga waktu kuliahnya sedikit terpinggirkan. Kita juga tidak perlu mendebatkannya. Tentu mereka yang memilih hidupnya penuh dengan kontribusi sadar bahwa hidup adalah tempat berbagi dan mengabdi. Kita tidak perlu perdebatkan juga.

Ada juga mereka yang di kampus fokus pada lomba-lomba dan berbagai kompetisi. Tidak aktif di organisasi, tetapi aktif berkompetisi. Berbagai kejuaraan diikutinya. Berbagai perlombaan dimenangkannya. Pasti juga mereka punya alasan tersendiri untuk melakukan itu semuanya.

Kita harus terus belajar tumbuh dewasa. Sebab, setiap orang punya life plan yang berbeda.

IG: robiafrizan1
Jatinangor. 5/12/2017

You Might Also Like

0 komentar: