Dahsyatnya Masa Muda

6:50 AM Robi Afrizan Saputra 0 Comments


Stasiun Bandung

Kita tidak akan pernah menyesal atas perjuangan-perjuangan yang kita lakukan di masa muda ini. Atas bisnis yang mulai dibangun namun bangkrut, atas usaha yang mulai dijalani namun sepi pengunjung, atas ikhtiar menuntut ilmu yang membuat tubuh hingga jatuh sakit, atas tekad diri untuk mengabdi pada masyarakat hingga lupa waktu dan mau tidur di mana saja. Kita tidak akan pernah menyesal atas itu semua.

Sebab, segala yang dilakukan di masa muda akan menyisakan sebuah hal yang berharga: pengalaman.

Semua sudah paham dan mengetahui bahwa pengalaman tidak dapat dibeli dengan sebanyak apapun harta orangtua. Pengalaman hanya mampu dimiliki oleh orang-orang yang berani menghabiskan masa mudanya untuk mencoba banyak hal. Walau kadangkala apa-apa yang kita dicoba malah menghasilkan kegagalan. Tidaklah mengapa. Sebab, bukanlah hasil yang dicari, namun pembelajaranlah yang selalu menjadi tujuan akhirnya.

Beruntunglah bagi mereka yang sadar akan momentum muda. Mereka yang tidak ingin melewatkan masa mudanya berlalu begitu saja. Hingga mereka punya tekad untuk menjadikan masa mudanya sebagai momentum yang luar biasa. Momentum pembelajaran untuk bertumbuh lebih dewasa.

Apa-apa yang kita lakukan di masa muda haruslah apa-apa yang menjadi kebiasaan kita di masa tua. Jiwa pantang menyerah, semangat menuntut ilmu, jujur dalam apapun kondisi, dan segala perihal kebaikan lainnya.

Masa muda hanya sekali dan jadikanlah berlimpah arti. Begitulah kutipan dalam buku saya yang berjudul Jangan Jadikan Masa Mudamu Sia-sia (klik).

Jatinangor. 6/12/2017

You Might Also Like

0 komentar: