Satu Januari

5:48 AM Robi Afrizan Saputra 0 Comments


Ketidakterasaan waktu yang berlalu semakin cepat, semoga membuat kita semakin bergegas mengumpulkan bekal, semakin mengakselerasi diri dengan kebaikan dan terus meluaskan sayap-sayap kebermanfaatan.

Dan, inilah satu Januari yang menjadi awal di tahun 2019 ini. Semoga siapa saja yang punya niat baik di tahun ini, Allah berikan jalan demi jalan kemudahan. Semoga siapa saja yang punya banyak resolusi di tahun ini, semoga bukan hanya target-target yang tertulis di atas kertas. Semoga ada semangat lebih untuk memperjuangkannya agar di akhir tahun nanti resolusi yang tertulis bisa tercapai. 

Dan, yang lebih penting lagi, semoga resolusi yang dibuat bukan sekadar dan bukan hanya resolusi dunia saja. Namun, ikhtiarkanlah untuk melampauinya. Resolusi yang melebihi resolusi dunia. Resolusi untuk salat tepat waktu, berjamaah bagi laki-laki tentunya; resolusi untuk mulai merutinkan Dhuha dan Tahajud; resolusi untuk lebih memaksimalkan birrul walidayn; resolusi untuk tidak pikir panjang saat berbagi; resolusi untuk sedekah gila-gilaan; resolusi untuk lebih banyak mengaji dan mengkaji ilmu-ilmu agama; resolusi untuk lebih banyak membaca dan menulis; resolusi untuk lebih dekat dengan Al-Quran; resolusi untuk lebih banyak mendengarkan daripada berbicara, lebih menghargai pendapat orang lain, dan tidak merasa bahwa dirilah yang paling benar; dan resolusi-resolusi kebaikan lainnya.

Ingatlah satu hal bahwa resolusi hanya akan sekadar menjadi target di atas kertas jika tidak dimulai untuk mengikhtiarkannya

Hilangkanlah kebiasaan untuk mengatakan, "Ah, mulai besok saja; dua hari lagi deh dimulai; seminggu lagi." Tahu-tahu sudah masuk pertengahan tahun saja. Hati-hatilah. Sebab, semakin menunda maka akan semakin malas. Semakin menunda, waktu semakin bergerak cepat. 

Resolusikan juga untuk memulai apa saja yang bisa dilakukan sekarang, tanpa menunda-nundanya besok. Ini penting! Sebab kita sering terlalai karena kebiasaan menunda-nunda ini. 

Satu Januari ini, mulailah dengan bismillahirrahmanirrahim. Karena kita tidak pernah tahu apakah masih akan ada di dunia pada satu Januari tahun depan. Jika tidak ada yang bisa menjaminnya, lalu kenapa kita masih saja menunda-nunda dan tidak berikhtiar memperjuangkan resolusi kebaikan-kebaikan itu? Mulailah...


Subuh hari di Jatinangor, 1 Januari 2019


You Might Also Like

0 komentar: